Pages

Friday, May 4, 2012

Setting Karburator Motor | Lengkap

Jika Anda ingin sekali setting karburator motor anda sendiri tanpa ke bengkel sebenarnya agak mudah walaupun perlu ketelitian dan harus jeli. Karena dengan mengerjakan sendiri kita akan lebih tahu jenis-jenis kerusakan motor kita sendiri. Berikut ringkasannya :



  1. Putar ke kanan setelan angin sampai mentok kemudian putar balik ke kiri untuk motor bebek 1,4 - 1,5 putaran dan untuk motor sport sampe 2,5 putaran.
  2. Setel gas untuk putaran 3000 - 5000 rpm
  3. Hidupkan mesin.
  4. Kemudian Setel baut angin sampai posisi suara mesin tertinggi atau suara knalpot tidak nembak walau sekecil apapun kira kira antara 1,4 - 1,6 putaran untuk motor bebek. untuk motor sport dari 2,4 - 2,6 putaran.
  5. Jika sudah ketemu suara mesin tertinggi maka turunkan setelan baut gas hingga posisi idle atau gak matian.(900 -1100 rpm)..
  6. Lalu cek sekali dua kali untuk di gas.dan setelah posisi idle mesin gak mati. maka motor sudah enak di ajak jalan jalan dan mudah mudahan irit.
  7. Kalau masih mati ulangi proses dari pertama biar puas.

    Setting Karbu:
    Karbu pny 2 spuyer :
    Satu buah main jet (tuk NSR std ukurannya 130) yg berperan meyalurkan BB saat bukaan gas sekitar setengah putaran keatas
    Satu buah pilot jet (NSR std ukurannya 45) yg berperan menyalurkan BB dari putaran gas 0 derajat sampe penuh, cm efek dari pilot jet ini bisa dikatakan tidak terlalu signifikan pada bukaan gas penuh N rpm mesin yg sudah tinggi.
    Hal lain yg berpengaruh dengan setingan termasuk :
    Ukuran Venturi karbu
    Jarum skep
    Stelan angin
    Power jet.
    Venturi karbu makin besar maka makin banyak udara yg lewat shg butuh spuyer lebih besar baik pilot atau main jetnya spy campuran bisa pas.
    Trus kapan kita membesarkan ato mengecilkan spuyer2 tadi?
    Sebelumnya hrs tahu dulu gejala2 mesin saat kekurangan BB dan kebanyakan BB:
    1. “Ngempos” adalah gejala mesin spt kehilangan tenaga yg disebabkan kekurangan BB

    2. “Mberebet” adl gejala mesin yg sebenernya dirasa padat cm tenaga seperti tertahan dan kadang dibarengi dengan suara benturan logam kalo settingannya terlalu basah.


    Berarti kl NGEMPOS mesin butuh BB, kl BREBET mesin kebanyakan BB.

    Kasus-Kasus
    Nah berikut kasus2 yg sering terjadi krn masalah pilot jet :

    Motor kl pagi susah hidup krn begitu gas dibuka ngempos terus mati ya berarti naekin pilot jet.

    Motor dah jalan tapi sering tiba2 kehilangan tenaga saat putaran gas N putaran rendah berarti naekin pilot jet
    Motor sering over heat saat jalan pelan berarti minta naek pilot jet
    Motor brebet di putaran bawah tapi enak di put atas berarti pilot jet kebesaran.
    Motor gak pake di cuk kl pagi N bisa langsung start
    (ini jg gak normal) berarti pilot hrs turun.

    Kesimpulannya, kl ada gejala ngempos,suhu tinggi diputaran yg relatif rendah maka minta naek pilot jet, N kl ada gejala brebet di put rendah jg maka pilot hrs turun.


    Trus tuk kasus2 mainjet:


    Mtr dibawa kebut2an sampe putaran atas trus begitu finish jalan pelan2 jadi ngempos dibarengi asep ngebul BERARTI suhu saat putaran tinggi meningkat drastis BERARTI main jet minta naik

    Nafas motor di putaran atas terlalu panjang berarti mainjet minta naik.
    Mtr ngelitik padahal yg lain normal BERARTI suhu mesin SANGAT TINGGI saat putaran atas BERARTI main jet minta naik.
    Motor Brebet di put atas saja berarti main jet minta turun
    dll
    Kesimpulannya, jika mtr Brebet di put atas berarti main jet hrs turun, jika mtr suhunya tinggi di putaran atas brarti main jet minta naik.
    Note:
    Setiap ada perubahan ukuran spuyer wajib setting angin
    Jangan berpatokan pada indikator suhu di dashboard tuk panduan setting krn pasti gak sesuai, ini butuh joki yg feelingnya dah kuat.
    Adakalanya detonasi tdk bisa diobati dengan naekin spuyer jika detonasinya sudah parah. Ini berarti ada ketidaknormalan pada komponen mesin lainnya.

No comments:

Post a Comment